Tuesday, December 4, 2007

Transfer Uang atau Transfer Ilmu

Pasar modal Indonesia pada tahun 2007 menunjukkan peningkatan yang cukup tajam.Dari awal tahun 2007 hingga 4 Desember 2007, IHSG meningkat sekitar 48%.Rruarr...biasa.Salah satu kenaikan yang tertinggi di Asia Pasifik.Berdasarkan potensi itulah yang mendorong saya untuk mengenalkan pasar modal ke teman-teman saya.Lagipula,mereka butuh kerjaan sampingan.Salary di tempat kerja sekarang kurang mencukupi untuk memanjakan kita hehe... Selain itu,agar terjadi transfer ilmu dan transfer kekayaan.Sayang kan kalau ilmu yang sudah kita miliki tidak tersalurkan dengan baik.Menyebarkan ilmu yang bermanfaat juga bagian daripada pahala yang tiada pernah berhenti meskipun jasad kita sudah di alam fana.
Finally,ajakan saya kepada teman-teman untuk mulai berinvestasi di saham mendapatkan sambutan yang cukup hangat dari beberapa rekan kerja.Untuk memfasilitasi mereka,saya mesti rela rekening saya di Danareksa dipakai oleh mereka.Saya berharap,dengan mulainya mereka berinvestasi di saham,mereka mulai membaca berita-berita tentang ekonomi atau baca-baca koran macam Investor Daily dan Bisnis Indonesia.
Terhitung mulai Juli hingga November 2007, kekayaan mereka bertambah sebesar 40% dari modal awal.Angka yang cukup besar untuk pemula.Tapi,parahnya,saya gagal melakukan transfer ilmu kepada mereka.Transaksi saham dan rekomendasi dari saya mereka telan mentah-mentah.Bahkan menyerahkan sepenuhnya kepada saya.Gagal deh terjadi transfer ilmu.Gagal deh dapat amal jariyah.Yang ada hanya transfer kekayaan yang kalau dari kelebihan (baca:untung)-nya itu mereka salah gunakan untuk hal-hal negatif, saya bakal kena dosa jariyah neh.Wah,repot........... (tapi,ga masalah.toh,saya dapat management fee haha... Money is power)

No comments: